Rumus Rumus Excel – Pernahkan atau apakah anda sekarang masih menggunakan Excel sebagai temat kerja anda, atau anda masih ingat mengenai rumus excel yang sudah pernah di ajarkan ketika waktu sekolah? Tentu jika kita sudah lama tidak mengakses excel lagi dan pada akhirnya menggaruskan kita akses software tersebut.
Akan ada banyak Rumus Rumus Excel yang sudah lupa, sedangkan menggunakan rumus di software tersebut akan sangat membantu kita dalam segala hal, khususnya dalam penjumlahan itungan.
Dengan menggunakan rumus sendiri apapun yang anda butuhkan dan inginkan bisa jauh lebih simple dan juga cepat, untuk anda yang kerja di bidang apapun dan menempati pada bagian penggunaan excel, maka penggunaan rumus sangatlah penting.
Nah mengenai Rumus Rumus Excel sendiri, pada kesempatan kali ini kami akan membahasanya, jadi bagi anda yang penasaran bisa simak terus ulasan kami kali ini sampai beres.
Apa Itu Microsoft Excel ?
Mungkin ada juga sebagian dari anda yang memang belum tahu akan Microsoft Excel, dan sebelum kita bahas ke bagian Rumus Rumus Excel ini, kita akan bahas singkat mengenai Excel terlebih dahulu, nah Microsoft excel sendiri adalah sebiah software spreadsheet, yang mana mempunyai fitur kalkulasi dan juga pembuatan grafik.
Didunia sendiri hampir semua orang dan perusahaan menggunakan software tersebut, karena cara mengoprasikannya yang terbilang komplek dan semua data bisa di buat melalui software tersebut, yang pada akhirnya menjadi salah satu perangkat lunak yang banyak di gunakan.
Fungsi Rumus di Microsoft Excel
Untuk belajar excel sendiri, berhati anda juga perlu memahami semua hal yang terdapat di dalam software tersebut, khususnya pada bagian fungsi nya itu sendiri, dimana fungsi utamanya sendiri adalah pengolah angka.
Tapi dalam dunia kerja sendiri, fungsi dari excel itu tidak hanya berfokus ke satu saja, namun ada beberapa fungsi lainnya, nah berikut ini adalah rangkumannya:
- Bisa melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
- Membuat, edit, urutkan, nganalisis, dan meringkas data.
- Buat soal-soal logika dan matematika.
- Lakukan visualisasi data, dalam pembuatan beragam jenis grafis dan juga diagram.
- Bisa di gunakan untuk menghitung, mengelola investasi, penjualan, pinjaman, dan masih banyak lagi.
- Buat catanan keuangan, anggaran serta Menyusun laporan.
- Mempersingkat proses olah data.
- Analisa dan riset soal harga.
- Lakukan perhitungan hasil penelitian.
- Merapihkan data dengan jumlah sekala besar.
Tentunya masih banyak lagi hal lainnya yang bisa anda lakukan melalui sofwware tersebut, semua bisa jadi jauh lebih mudah kalau kita menggunakan bantuan dari excel tersebut.
Rumus Rumus Excel
Dalam penggunaan excel sendiri, memang memerlukan Rumus Rumus Excel tertentu, dimana untuk mempermudah dalam penggunaan perintah spreadsheet, dari setiap rumus memang wajib di awali dengan tanda Sama Dengan (=), terus di ikuti rumus-rumus seperti “formula dan Function”.
Nah sebelum anda menggunakan rumus excel itu, tentu anda perlu tahu juga mengenai Formula dan Function itu apa, nah disini kami akan sedikit membahasnya juga.
- Furmula sendiri merupakan rumus excel, diketik dengan secara menual, contohnya saja seperti “=A1+A2+A3 “ ataupun “B4-B5-B6” (tanpa titik dua)
- Function merupakan template rumus, dimana sudah di sediakan dalam program excel itu sendiri, contohnya “=SUM(A1:A3)” ataupun “=AVERAGE(B4:B6)”.
Dari kedua rumus tersebut memang sama pentingnya, dan pada umumnya formula di pakai untuk hitung data atau angka lebih sederhana, dan untuk function sendiri di gunakan untuk mengolah data atu angka dengan sekala jauh lebih besar ata lebih banyak.
Cara Membuat Rumus di Excel
Terdapat hal yang perlu anda perhatikan juga mengenai cara buat rumus excel itu sendiri, terdapat tiga komponen penting, dimana perlu anda ketikan saat ingin gunakan rumus function, dimana menggunakan (=) nama function (SUM, AVERAGE, serta yang lainnya) dan juga “sel yang anda ambil datanya” (A1:A3).
Saat anda ingin gunakan rumus tersebut, maka anda perlu mengingat beberapa nama dari function untuk bisa mengolah data, jika merasa ribet, tenang terdapat cara mudahnya juga, anda tinggal ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.
- Pertama, anda bisa lakukan input data atau angka yang sedang di olah, terus klik di bagian sel yang mana hasil kalkulasi data yang akan keluar.
- Terus di bagian toolbar, klik pada tab Formulas lalu klik tombol drop down di AutoSum, lalu pilih rumus yang hendak akan anda gunakan, semisalnya saja di bagian kali angka yang telah di input dan ingin mencari rata-ratanya, maka nantinya rumus yang anda gunakan iyaitu AVERAGE.
- Kemudian, anda pilih sel data yang hendak di hitung rata ratanya.
- Untuk yang terakhir klik tombol enter terus akan muncul hasilnya.
Sebenarnya caranya mudah, nah jika anda merasa pusing hal wajar karena masih dalam proses pembelajaran, jika sudah hapal betul cara tersebut akan sangat mudah di lakukan.
Rumus Rumus di Excel yang Wajib Diketahui
Didalam miscrosoft excel sendiri, terdapat banyak rumus yang perlu anda ketahui juga, karena akan sangat membantu dalam proses pengerjaan yang sedang anda jalani, untuk mengenai rumus rumus nya sendiri di sini kami akan bagikan kepada anda.
-
Cara Menjumlahkan di Excel (SUM)
SUM sendiri merupakan cara jumlah pada excel, rumus dasar satu ini memang di lakukan untuk lakukan penjumlahan angkat yang sedang di input sel tertentu, dan SUM sendiri di kenal juga menjadi rumus tambahan excel, semisalnya anda ingin menjumlah angka pada sel A2 hingga A5 maka untuk rumusnya sendiri iyaitu: =SUM(A2:A5)
-
Rumus Pengurangan Excel
Terdapat juga rumus penjumlahan, dimana ada beberapa rumus pengurangan di excel yang anda juga harus tahu, dimana rumus tersebut akan sangat membantu dalam proses pekerjaan anda, tidak jauh berbeda dengan melakukan pengurangan di excel, dimana anda tinggal masukan rumus pengurangan seperti : =A1-B1
-
Cara Perkalian pada Excel
Berikutnya adalah bagian rumus untuk mengalikan angka di excel, mungkin dari beberapa pengguna kalau menggunakan rumus itu ribet dan sulit, padahal sebenarnya penggunaan dari rumus sendiri akan jauh lebih mudah, khususnya dalam proses mengalikan di excel, dan rumusnya sendiri adalah : =A1*B1
-
Rumus Pembagian Excel
Terdapat rmus untuk pembagian di dalam excel , dimana rumus nya sendiri terbilang mudah untuk anda lakukan, rumus ini berfungsi untuk bisa bagikan data pada sel menggunakan sel lainnya, dan untuk menggunakannya sendiri, anda bisa langsung masukan rumus pembagian di excel : =A1/B1
-
Rumus COUNT
Count sendiri fungsinya untuk hitung jumlah pada sel yang berisikan angka, nah semisalnya di bagian sel A1 hingga D1 anda bisa isikan data angka dengan sementara dari sel E1 hingga H1 dengan berisikan data huruf, untuk rumusnya sendiri adalah : =COUNT(A1:D1)
-
Rumus COUNTA
Dalam pembejalaran excel sendiri COUNTA fungsinya tidak jauh berbeda dengan Count, hanya saja di bagian rumus counta sendiri, sel di hitung adalah keseluruhan dari sel, jadi dengan begitu sel yang berisikan data ataupun bisa di hitung gunakan rumus tersebut.
Dengan begitu anda bisa hitung jumlah sel yang berisi atau tidak kosong, contohnya saja di bagian sel A1 hingga D1 itu isi nya data angka, sedangkan G1 hingga J1 itu berisikan data huruf, serta sel E1 hingga F1 itu kosong, maka untuk rumusnya sendiri adalah : =COUNTA(A1:J1)
-
Rumus AVERAGE
Untuk rumus yang satu ini, memiliki fungsi untuk hitung rata-rata angka di bagian range sel tertentu saja, semisalnya anda ingin nilai rata hasil dari UTS, maka anda bisa langsung saja input data angkat dari sel dan menggunakan rumus seperti ini : =AVERAGE(A2:A7)
-
Rumus Excel IF
Mengenai rumus IF ini mempunyai peran penting juga, untuk bisa membantu anda dalam identifikasi data dengan berdasarkan logika tertentu, biasanya untuk jawab benar atau salah.
Misalnya saja anda ingin cek angka di bagian sel A1 lebih besar ketimbang dengan angka yang berada di sel B1, jika memang angkanya benar lebih besar, maka jawabannya sendiri adalah Benar, dan sebaliknya jika kecil berarti Salah, untuk caranya buat rumusnya sendiri bisa seperti ini : =IF(A1>B1; “BENAR”,”SALAH”)
-
MAX
MAX sendiri memiliki fungsi mencari angkat yang tinggi dengan deretan dana, semisalnya anda ingin cari nilai dari hasil Ujian, maka anda bisa melakukan input data angka pada sel yang telah di tentukan, caranya di bagian rumusnya seperti ini : =MAX(A2:A7)
-
MIN
Mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan MAX, namun MIN sendiri tugasnya untuk cari nilai paling rendah dengan deretan data, misalnya saja ketika anda ingin cari nilai Ujian dengan hasil rendah, nah bisa mencoba menggunakan rumus seperti : =MIN(A2:A7)
-
TRIM
Dalam pembelajaran excel sendiri rumus trim sendiri bisa anda gunakan untuk rapihan data dalam sebuah sel, biasanya tanpa kita sadari mengeti sepasi lebih dari satu kali, nah hal ini tentu bisa hasilkan Error, di saat akan melakukan kalkulasi data.
Dengan gunakan TRIM sendiri, spasi yang telah di ketikan lebih dari satu atau dua kali tersebut tentu bisa langsung di rapihkan dengan otomatis.
Harus di perhatikan kalau rumus nya sendiri, berlaku dalam satu sel saja, jadi anda perlu menggunakan nya satu demi satu, dan caranya buat rumusnya seperti ini : =TRIM(A2)
-
AND
Rumus dari AND sendiri fungsi nya sendiri logika, dimana anda bisa gunakan rumus tersebut ketika ingin cari tahu isi dari sel yang benar “TRUE”atau salah “FALSE”, contohnya saja saat anda ingin mengetahui jumlah angka pada sel A1 lebih besar ketimbang 50 dan kurang dari 100.
Jika jawaban benar akan “TRUE” jika salah “FALSE”, sedangkan untuk rumusnya sendiri adalah : =AND(A1>50,A1<100)
-
OR
Rumus OR ini sama dengan fungsi rumus AND, hanya saja jika mengenai rumus AND ini perlu dua kriteria untuk bisa menentukan jawaban, nah maka rumus OR sendiri hanya salah satu kriteria, misalnya anda ingin tahu mengenai angka pada sel A1 lebih besar ketimbang 50 atau kurang dari 100.
Maka untuk rumusnya sendiri adalah : =OR(A1>50,A1<100)
-
NOT
Fungsi rumus NOT sendiri kebalikan dari rumus AND ataupun OR, misalnya saja anda ingin tahu mengenai angka sel A1 tidak besar dari 100, maka jawabannya benar serya memenuhi kriteria maka nantinya bisa muncul TRUE, dan sebaliknya jika salah maka akan muncul FALSE, untuk rumusnya sendiri bisa ketikan : =NOT(A1>100)
-
LEN
Mengenai rumus LEN sendiri, akan membantu anda dalam penghitungan jumlah karakter, di mana dalam satu sel saja karakter di hitung tidak hanya bagian huruf dan angka, namun tanda baca seperti tan tanya, speasi, tanda seru, koma, titik dan yang laiinnya, mengenai rumus bisa seperti ini : =LEN(A1)
-
AREAS
Pada penjelajaran pada fungsi rumus excel AREAS ini, dimana dungsinya hitung jumlah area yang kita akses, semisalnya anda menyelesaikan satu range sel di A1 hingga C6 maka untuk rumus nya sendiri adalah : =AREAS(A1:C6)
-
Rumus VLOOKUP
Tidak sedikit yang mengira kalau rumus VLOOKUP pada excel itu sulit saat di aplikasikan, namun nyatanya rumus tersebut mudah kita pelajari untuk ambil data yang di susun dengan secara vertikal.
Contohnya, anda mengelompokkan beberapa barang yang ingin anda beli dengan berdasaekan harga dari barang tersebut C2 hingga C5 lalu ongkos kirimnya D2 hingga D5 rincian tabelnya seperti itu.
Terus untuk mengisi pada bagian rincian tabel barang yang akan di beli, bisa rincian tabel seperti ini : =VLOOKUP(C2;C2:D5;1,0)
-
HLOOKUP
Mempunyai fungsi dan kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan rumus di atas, hanya saja mengenai data hitungan dengan cara horizontal, rumusnya senidri anda bisa seperti ini : =VLOOKUP(C2;C2:D5;1,0)
-
CHOOSE
Rumus CHOOSE bisa bantu anda dalam pengambilan nilai dari suatu data, semislanya anda ingin kelompokan barang yang ingin di beli B2 hingga B5, semisalnya sel pertama anda masukan E2 untuk nomor barang.
Lalu masukan sel B2 sampai B4 itu berisikan nama barang yang anda ingin beli, nah sesudah masukan rumus tersebut, nama barang yang ingin anda beli, dan anda bisa masukan rumus seperti : =CHOOSE(E2;B2;B3;B4) terus klik enter.
-
Rumus MATCH
Rumus satu ini memiliki banyak fungsinya, namun pada sadarnya juga MATCH ini di pakai untuk menemukan data barisan tertentu saja, semisalnya anda masukan nama barang contohnya buah apel dari A2 sampai A6, pada tabel yang anda buat.
Anda bisa masukan kata yang ingin anda cari di dalam tanda kutip, terus masukan sel range yang sudah berisikan nama barang A1:A6, nah sesudah itu masukan lah rumush =MATCH(“APEL”;A2;A6) lalu kelik enter.
Untuk contoh rumusnya nya sendiri seperti ini : =MATCH(“APEL”;A2:A6)
-
Rumus Excel CEILING
Rumus satu ini memiliki fungsi untuk buat angka kelipatan sepuluh pada angka atas terdekat, contohnya anda akan buat daftar harga belanja, misal di sel B2 berisikan mengenai harga yang belum anda bulatkan, sementara itu pada angka 10 adalah batas yang anda tetapkan.
Jadi pembulatan angka maksimal itu mencapai angka 10 yang jauh lebih tinggi dari aslinya, nah anda bisa masukan rumus =CEILING(B2;10)
-
Rumus Excel FLOOR
Jika rumus CEILING itu butuh angka yang kelipatan 10 ke atas, nah rumus dari floor ini di pakai untuk bulatkan angka dari kelipatan 1o ke bawah, cara menggunakanya sendiri mudah dari rumus ini tidak jauh beda dengan rumus ceiling, nah rumusnya sendiri adalah : =FLOOR(B2:10).
Jika rumus CEILING membulatkan angka kelipatan 10 ke atas, maka rumus FLOOR digunakan untuk membulatkan angka kelipatan 10 ke bawah. Seperti yang bisa kamu lihat di tabel bawah ini:
-
Rumus Excel COUNTIF
Rumus berikutnya adalah Countif di pakai untuk hitung jumlah sel, dimana memiliki kriteria sama, nah sehingga akan bisa memudahkan anda dalam hal menyortir sebuah data, contohnya anda lakukan survey ke 10 orang, terus ingin tahu ada beberapa yang bekerja sebagai pedagang, maka rumusnya sendiri adalah : =COUNTIF(B2:B11;”PEDAGANG”)
-
Rumus Excel SUMIF
Fungsi dari rumus ini untuk hitung dari keseluruhan jumlah angka yang terdapat pada sel kriteria tertentu saja, misalnya saja terdapat 10 reponden yang telah melakukan survey, nah anda ingin tahu berapa biaya hidup dari keseluruhan pedagang, bisa menggunakan rumus : =SUMIF(A2:A11;’”PEDAGANG”;B2:B11)
-
Formula Rumus Excel CONCATENATE
Rumus satu ini memang akan membantu anda dalam menggabungkan teks di excel, misalnya saja anda memasukan jumlah nama penguna di excel, dan juga membedakan dengan berdasarkan nama depan serta belakangnya (B2:C2).
Nah maka untuk bisa dapatkan nama lengkap atau dari gabungan kedua sel tersebut, nah anda bisa gunakan rumus ini : =CONCATENATE(B2:C2)
Jangan sampai lupa juga untuk masukan karakter spasi dengan ketikan (“ ”) supaya hasil di sel nama lengkap terdapat spasi.
Akhir Kata
Nah bagimana apakah anda sekarang sudah tahu mengenai Rumus Rumus Excel ini? Disini kami bagikan cukup banyak dan dari sekian banyaknya itu akan bisa membantu beberapa pengguna yang bekerja di bidangnya.
Mungkin sampai disini saja untuk pembahasan yang bisa SignalNews.ID sampaikan kepada anda, semoga dengan adanya ulasan yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat, kalau ada salah-salah kata kami mohon maaf, sekian saja dari kami dan terima kasih.