Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Cepat & Mudah

Jika kalian kehilangan ponsel Samsung, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencoba dan melacak keberadaan ponsel yang hilang tersebut.

Tentunya selain merasa kehilangan akses ke kontak, foto, dan informasi penting lainnya, pengguna juga mungkin khawatir tentang keamanan informasi pribadi yang tersimpan di ponsel. Jika Kalian kehilangan ponsel Samsung, jangan panik. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencoba melacak lokasi hp yang hilang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melacak HP Samsung yang hilang dengan menggunakan fitur “Find My Mobile” di akun Samsung, serta menggunakan aplikasi pelacak ponsel lainnya. Berikut adalah beberapa cara untuk melacak HP Samsung yang hilang.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Find My Mobile

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melacak posisi smartphone pengguna Samsung yang hilang dengan menggunakan “Find My Mobile”:

  • Pertama untuk menemukan hp Samsung, pastikan pada ponsel Samsung kalian telah terkoneksi dengan akun Samsung (https://account.samsung.com/accounts).
  • Buka aplikasi “Find My Mobile” di ponsel kalian atau buka situs web “Find My Mobile” di komputer Anda (situs resmi Samsung => https://findmymobile.samsung.com/).
  • Masuk dengan menggunakan alamat email dan kata sandi akun Samsung kalian.
  • Setelah login, lalu Pilih ponsel yang ingin Anda lacak dari daftar ponsel yang terhubung dengan akun Anda.
  • Klik tombol “Locate My Device” untuk melihat lokasi perangkat yang hilang pada peta.
  • Anda juga bisa mengunci ponsel Anda atau menghapus data-datanya dengan mengklik tombol yang sesuai di menu “Find My Mobile.”

Fitur Unggulan Aplikasi Find My Mobile Samsung

Berikut adalah beberapa fitur unggulan Find My Mobile Samsung:

  • Temukan lokasi perangkatmu : Dengan fitur “Temukan Perangkat Saya”, kamu bisa mengetahui perkiraan lokasi dan rute perangkatmu yang hilang. Jika “Kirim Lokasi Terakhir” diaktifkan di pengaturan Find My Mobile, lokasi terakhir perangkat yang diketahui akan dikirim ke server sebelum dimatikan, yang bisa membantumu melacaknya.
  • Kunci layar : Jika perangkatmu hilang, kamu bisa menggunakan fitur “Kunci Layar Saya” untuk mengunci layar, tombol daya, dan Samsung Pay. Ini akan mencegah siapa pun mengakses perangkat kalian.
  • Deringkan perangkat Samsung : kamu bisa menggunakan fitur “Deringkan Perangkat Saya” untuk membuatnya berdering dengan volume maksimum selama satu menit. Ini bisa membantumu menemukannya jika tersembunyi di dekat area kalian berada.
  • Backup data : fitur “Cadangkan Data Saya” sangat berguna untuk mencadangkan data kalian ke Samsung Cloud. Ini akan memberimu salinan data yang bisa kalian gunakan untuk memulihkannya ke perangkat baru.
  • Reset kode kunci layar : Jika kamu lupa kode kunci layar (misalnya, PIN, kata sandi, pola, sidik jari, dan iris), jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan fitur “Setel Ulang Kunci Layar Saya” untuk mengatur ulang kode kunci layar secara jarak jauh dari situs web Find My Mobile.

Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Aplikasi Android Device Manager

Cara melacak hp dengan android device manager

Untuk melacak ponsel android yang hilang, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Android Device Manager (Google adm).

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan dapat diunduh pada ponsel Samsung atau perangkat Android lainnya.

Setelah terinstal, aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk melihat lokasi ponsel secara real-time, mengunci ponsel, atau bahkan menghapus data pribadi yang tersimpan di dalamnya.

Aplikasi google ini juga dapat diakses melalui situs web www.google.com/android/devicemanager untuk memudahkan Anda melakukan pelacakan, cukup login akun gmail yang sama dengan yang ada pada ponsel Samsung kalian.

Hal pertama, yang perlu Anda lakukan adalah masuk menggunakan akun Google yang sama yang dikaitkan dengan ponsel Samsung Anda. Setelah masuk, Anda akan dapat menemukan lokasi terakhir gps perangkat kalian yang diketahui, membuatnya berdering atau menguncinya dengan aman.

kalian juga bisa menampilkan pesan pada layar ponsel yang hilang sehingga siapa pun yang menemukannya bisa menghubungi Anda dengan mudah.

Cara Lacak HP Samsung Hilang Perangkat Mati atau Hilang Dalam Keadaan Mati

Jika posisi hp yang hilang sedang mati atau tidak terhubung ke internet, kalian dapat mencoba beberapa langkah berikut untuk melacaknya:

  • Hubungi operator seluler untuk meminta bantuan pelacakan ponsel. Operator seluler dapat mengirimkan perintah ke nomor jaringan seluler untuk melacak ponsel secara aproksimatif.
  • Jika Anda tidak dapat menghubungi operator seluler atau tidak mendapatkan bantuan yang memadai, dapat mencoba menggunakan aplikasi pelacakan pihak ketiga seperti “find my device”, “Cerberus” atau “Prey”. Namun, aplikasi ini harus diinstal pada ponsel Samsung sebelum hilang, sehingga Anda dapat melacaknya meskipun perangkat sedang mati atau tidak terhubung ke internet.
  • Jika semua langkah di atas gagal, dapat mencoba menghubungi langsung pusat layanan pelanggan Samsung untuk meminta bantuan. Mereka dapat membantu Anda mencari ponsel yang hilang dengan cara yang lebih spesifik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat mencoba melacak hp yang hilang meskipun perangkat Samsung sedang mati atau tidak terhubung ke internet.

Akhir kata

Demikianlah beberapa langkah dalam melacak hp Samsung yang hilang, baca juga beberapa artikel kami yang membahas beberapa aplikasi lain untuk melacak hp yang hilang, jangan lupa untuk membaca artikel-artikel di SignalNews.id.