Cara melacak hp iPhone yang hilang atau dicuri

Jika kalian pernah mengalami kehilangan iphone akibat dicuri atau tertinggal disuatu tempat, tentu itu akan membuat kalian merasa panik dan tidak tahu harus melakukan apa. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melacak ponsel iPhone yang hilang tersebut.

Pertama cobalah untuk mencarinya di tempat-tempat yang sering Kalian gunakan iPhone tersebut. Mungkin saja ponsel iPhone Kamu tidak hilang atau dicuri tetapi hanya tertinggal di meja kerja, atau tertinggal di mobil setelah Anda parkir.

Artikel ini akan memberikan informasi bagaimana cara melacak hp iPhone yang hilang, baik iPhone kalian dalam keadaan aktif atau mati.

Cara Melacak Perangkat IPhone yang Hilang

Berikut ini merupakan beberapa langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk menemukan ponsel iPhone yang hilang. Namun, sebelum itu mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai fitur iCloud, sebagai default apps semua produk dari Apple baik itu Mac ios ataupun iPhone.

Mengenal Icloud

Apa itu icloud

iCloud adalah layanan penyimpanan data berbasis awan yang disediakan oleh Apple. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai jenis data seperti foto, video, musik, dan dokumen pada server yang terhubung dengan internet.

Dengan menggunakan iCloud, pengguna dapat mengakses data yang tersimpan di iCloud dari perangkat Apple lainnya, seperti iPhone, iPad, atau Mac ios, yang terhubung dengan internet.

Selain itu, iCloud juga menyediakan fitur-fitur seperti “Find My iPhone” yang memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat yang hilang, serta fitur “iCloud Drive” yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses file-file dari perangkat Apple mana pun. Untuk menggunakan fitur iCloud, kalian harus masuk menggunakan ID Apple dan password.

Ingat, selalu penting untuk membuat cadangan data Anda secara berkala agar Anda tidak kehilangan data penting jika ponsel Anda benar-benar hilang atau dicuri. Selalu pastikan juga untuk mengaktifkan kode sandi di ponsel Anda untuk meningkatkan keamanan.

Dengan mengenal iCloud, pengguna dapat memanfaatkan layanan ini untuk menyimpan dan mengakses data dengan lebih mudah dan nyaman.

Melacak HP Iphone Yang Hilang dengan iCloud

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk menemukan perangkat Apple yang hilang melalui iCloud:

  • Pastikan kalian telah masuk ke akun iCloud (icloud.com/find), menggunakan browser web atau dengan menggunakan aplikasi iCloud di perangkat lain yang kalian miliki.
  • Buka menu “Temukan iPhone” di aplikasi iCloud atau di bagian “Temukan iPhone” di situs web iCloud.
  • Pilih ponsel yang hilang dari daftar perangkat yang terhubung ke akun iCloud Anda.
  • Jika ponsel Anda masih dalam jangkauan WiFi atau terhubung ke internet, Anda akan dapat melihat lokasi ponsel Anda di peta. Anda juga dapat menggunakan fitur “Modus Hilang” untuk menampilkan pesan pada layar ponsel, memblokir akses ke ponsel, atau menghapus semua data yang ada di ponsel.
  • Jika ponsel tidak terhubung ke internet, Anda dapat mengaktifkan fitur “Modus Hilang” sehingga jika ponsel terhubung ke internet kembali, Anda akan menerima notifikasi dengan lokasi terbaru ponsel.
  • Jika tidak dapat menemukan ponsel Anda dengan menggunakan iCloud, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pelacak lainnya yang tersedia di App Store, seperti “Find My iPhone” atau “Prey Anti Theft”.
  • Jika ponsel Anda benar-benar hilang dan tidak dapat ditemukan, Anda harus menonaktifkan akun iCloud untuk mencegah orang lain mengakses data. Anda dapat melakukan ini melalui situs web iCloud atau dengan menghubungi Apple Care / Apple Support.

Fitur-Fitur Menarik Aplikasi Find My iPhone

Melacak hp iphone yang hilang find my phone

Aplikasi Find My iPhone adalah salah satu fitur bawaan penting bagi pengguna iPhone. Aplikasi ini membantu Anda melacak lokasi iPhone yang hilang atau dicuri. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya yang dapat membantu Anda mengamankan ponsel Anda dan data-data penting yang tersimpan di dalamnya.

Berikut adalah beberapa fitur menarik yang terdapat dalam aplikasi Find My iPhone:

  • Melacak lokasi ponsel: Fitur utama dari aplikasi Find My iPhone adalah kemampuannya untuk melacak lokasi ponsel yang hilang atau dicuri dan mengirimkan informasi kepada pemilik iPhone dengan akurat. Anda dapat melihat lokasi ponsel Anda di peta dan menggunakan fitur “Modus Hilang”, find my iPhone akan menampilkan pesan pada layar ponsel, memblokir akses ke ponsel, atau menghapus semua data yang ada di ponsel.
  • Mengaktifkan suara: Jika ponsel hilang di tempat yang dekat dengan Anda, Anda dapat mengaktifkan fitur “Suara” untuk membuat ponsel memainkan suara yang dapat membantu menemukannya. Ini berguna jika Anda merasa ponsel Anda hilang di rumah atau di kantor.
  • Memblokir akses ke ponsel: Jika iPhone Anda hilang atau dicuri, Anda dapat memblokir akses ke ponsel dengan menggunakan fitur “Modus Hilang”. Ini akan membuat ponsel tidak dapat digunakan oleh siapa pun sehingga data-data penting yang tersimpan di dalamnya tetap aman.
  • Menghapus data: Jika Anda merasa tidak mungkin lagi menemukan ponsel Anda atau tidak ingin data-data penting Anda jatuh ke tangan orang lain, Anda dapat menggunakan fitur “Modus Hilang” untuk menghapus semua data yang ada di ponsel. Ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam ponsel,

Cara Mengaktifkan & Menggunakan Fitur Find My iPhone

Cara melacak hp iPhone yang hilang atau dicuri find my phone

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengaktifkan Find My iPhone :

  • Buka pengaturan di iPhone.
  • Klik Apple ID dan pastikan Anda sudah log in dengan email Apple ID.
  • Pilih menu Find My iPhone.
  • Klik Find My iPhone.
  • Pastikan pengaturan sudah pada posisi “ON”.
  • Aktifkan “Send Last Location”. Hal ini sangat berguna agar bila iPhone kalian dalam keadaan mati, ponsel akan tetap mengirimkan lokasi terakhir dari iPhone.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kalian sudah bisa melakukan pencarian iPhone bila terjadi insiden ponsel hilang.

Cara Melacak IPhone yang Hilang Dalam Kondisi Mati

Ada beberapa langkah yang dapat kalian ikuti untuk cara melacak hp iPhone yang hilang, bahkan jika ponsel tersebut dalam keadaan offline (koneksi internet hilang di tempat susah sinyal) / mati total. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah yang dapat diikuti:

  • Buka situs iCloud menggunakan browser milik Apple atau Safari.
  • Masuk ke akun iCloud Anda dengan menggunakan Apple ID dan password.
  • Pilih aplikasi “Lacak” atau “Find My iPhone” di antarmuka iCloud.
  • Pilih perangkat iPhone yang hilang di menu drop-down.
  • Akan muncul peta dengan lokasi terakhir iPhone yang hilang. Jika ponsel tersebut dalam keadaan offline, ikon bulat penanda lokasi akan berwarna abu-abu.
  • Pilih opsi “Mode Hilang” atau “Lost Mode” untuk mengunci ponsel dan menampilkan pesan di layar blokir. Masukkan nomor telepon yang dapat dihubungi dan pesan singkat permintaan pengembalian ponsel.
  • Centang opsi “Pembaruan E-mail” untuk menerima pemberitahuan lokasi terakhir iPhone secara otomatis melalui email.
  • Klik “Selesai” untuk menyimpan pengaturan.

Perlu diingat bahwa penempatan opsi di situs iCloud mungkin berbeda tergantung pada jenis browser yang Anda gunakan. Jadi, pastikan untuk memeriksa dengan cermat di setiap langkah.

Faq

1. Berapa Jarak Lacak Find My iPhone?

Jarak yang bisa dilacak oleh Find My iPhone tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi perangkat, ketersediaan jaringan Wi-Fi dan menara seluler yang dekat, serta kemampuan perangkat sendiri.

Secara umum, Find My iPhone dapat menemukan perangkat dalam jarak beberapa ratus meter saat perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi atau jaringan seluler. Namun, akurasi lokasi bisa bervariasi tergantung pada keadaan khusus.

Menurut data yang dipublikasikan oleh Apple pada tahun 2020, Find My iPhone telah membantu pengguna menemukan hampir 3 juta perangkat yang hilang setiap bulannya. Ini menunjukkan bahwa Find My iPhone merupakan alat yang efektif untuk menemukan iPhone yang hilang, terutama jika perangkat tersebut masih terhubung ke jaringan Wi-Fi atau seluler.

Namun, jika perangkat tersebut tidak terhubung ke jaringan apa pun, maka kemampuan lacak Find My iPhone akan terbatas.

Akhir kata

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang cara melacak hp iPhone yang hilang, semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat, jangan lupa untuk selalu kunjungi blog kami SignalNews.id.