Cara melacak hp yang hilang dengan imei keadaan mati dan nyala

Untuk cara melacak hp yang hilang terdapat berbagai langkah yang dapat digunakan salah satunya adalah menggunakan nomor IMEI ponsel tersebut. IMEI adalah nomor unik yang diberikan kepada setiap ponsel yang memungkinkan operator seluler untuk melacak dan memblokir ponsel jika diperlukan.

Namun, sebelum itu kami akan membahas apa itu IMEI dan Cara Cek Nomor IMEI terlebih dahulu.

Apa itu IMEI?

Yuk ketahui Apa itu IMEI ?

Kepanjangan IMEI adalah International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI adalah nomor unik terdiri dari 15 digit angka yang diberikan kepada setiap ponsel yang memungkinkan operator seluler untuk melacak dan memblokir ponsel jika diperlukan.

Informasi mengenai nomor IMEI sangat berguna. Dengan mengetahui nomor IMEI ponsel dapat membantu kamu menemukan hp yang hilang, kalian dapat menghubungi operator seluler yang digunakan, untuk meminta bantuan dalam menemukan lokasi ponsel yang hilang.

Selain itu, IMEI juga dapat berfungsi untuk memblokir ponsel jika diperlukan. Misalnya, jika ponsel Anda dicuri, Anda dapat menghubungi operator seluler untuk memblokir ponsel tersebut sehingga tidak dapat digunakan oleh orang lain. Dengan begitu, dapat mencegah pencuri dari menggunakan atau menjual ponsel yang Anda miliki.

Jadi, Pastikan untuk menyimpan kode IMEI ponsel di tempat yang aman dan mudah diingat agar Anda dapat menggunakannya jika terjadi kehilangan ponsel.

Cara Cek Nomor IMEI

Untuk melacak hp dengan imei, pertama-tama Kalian perlu mengetahui di mana nomor IMEI tersebut tercantum seperti pada kemasan atau box HP. Jika Anda tidak dapat menemukan nomor IMEI ponsel Anda, Anda dapat mengeceknya dengan mengikuti beberapa cara berikut:

1. Cara Cek IMEI HP lewat Kode Dial USSD

Kode dial USSD adalah kode yang dapat digunakan untuk mengakses layanan operator seluler secara langsung dari ponsel Anda. Dengan menggunakan kode dial USSD, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas, seperti mengecek pulsa dan mengecek nomor IMEI ponsel Anda.

Untuk mengecek nomor IMEI ponsel Anda lewat kode dial USSD, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka dialer telepon ponsel Anda.
  • Ketik *#06# pada dialer telepon, lalu tekan tombol panggil.
  • Ponsel akan secara otomatis menampilkan nomor IMEI ponsel Anda pada layar.
  • Catat atau simpan nomor IMEI ponsel Anda di tempat yang aman dan mudah diingat.

Jadi dengan mengecek nomor IMEI ponsel Anda lewat kode dial USSD adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengetahui nomor IMEI ponsel Anda.

2. Cara Cek Nomor IMEI Handphone lewat Menu Settings

Kalian juga dapat mengecek nomor IMEI ponsel Anda melalui menu pengaturan ponsel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan ponsel Anda.
  • Cari dan klik opsi “Tentang perangkat” atau “Informasi perangkat”.
  • Klik “Status” atau “Informasi perangkat” lagi.
  • Anda akan menemukan nomor IMEI ponsel Anda di bagian “IMEI” atau “Nomor seri perangkat”.
  • Catat atau simpan nomor IMEI ponsel Anda di tempat yang aman dan mudah diingat.

3. Cara Cek IMEI HP lewat Fisik Ponsel

Untuk mengecek nomor IMEI ponsel Anda lewat fisik ponsel, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Matikan ponsel Anda.
  • Buka casing belakang ponsel Anda.
  • Cari bagian bawah baterai ponsel Anda.
  • Anda akan menemukan nomor IMEI ponsel Anda tercantum di bagian bawah baterai ponsel.
  • Catat atau simpan nomor IMEI ponsel Anda di tempat yang aman dan mudah diingat.

Mengecek IMEI ponsel Anda lewat fisik ponsel adalah cara yang aman dan mudah untuk mengetahui nomor IMEI. Anda hanya perlu membuka casing belakang ponsel, lalu mencari sibagian bawah baterai ponsel, atau kalian juga memeriksa nomor imei pada kotak hp.

4. Meminta Surat Keterangan Hilang dari Pihak Berwajib

Jika Kalian kehilangan ponsel dan tidak dapat menemukan nomor IMEI ponsel tersebut, maka dapat meminta bantuan dari pihak berwajib untuk mendapatkan nomor IMEI ponsel Anda. Ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pergi ke kantor polisi terdekat untuk mengajukan laporan kehilangan ponsel.
  • Berikan semua informasi yang Kamu miliki tentang ponsel Anda kepada petugas polisi, termasuk merek, model, dan warna ponsel.
  • Dan perkiraan bagaimana hp kamu hilang dan perkiraan lokasinnya
  • Mintalah petugas polisi untuk memberikan surat keterangan kehilangan ponsel tersebut.

Tujuan surat kehilangan ini adalah agar mempermudah untuk menemukan hp yang hilang atau dicuri. Mungkin akan memakan waktu yang lama dan proses yang aga panjang, tapi tidak ada salahnya untuk meminta surat keterangan hilang tersebut.

5. Menghubungi Call Center Operator Ponsel

Jika kalian sudah mengikuti langkah-langkah yang kami jelaskan diatas dan tetap tidak menemukan nomor IMEI dari ponsel yang hilang, maka Kalian dapat menghubungi call center operator ponsel untuk mendapatkan nomor IMEI ponsel. Berikut langkah-langkah yang dapat kalian lakukan:

  • Hubungi call center operator ponsel Anda melalui nomor yang tercantum pada website resmi operator seluler.
  • Beritahu operator bahwa Anda kehilangan ponsel Anda dan membutuhkan nomor IMEI ponsel tersebut.
  • Berikan semua informasi yang Anda miliki tentang ponsel Anda kepada operator, termasuk email yang tertaut, merek, model, dan warna ponsel.
  • Operator akan mencari nomor IMEI ponsel Anda di sistem mereka dan memberitahukan nomor IMEI ponsel Anda kepada Anda.
  • Catat atau simpan nomor IMEI ponsel Anda yang diberikan oleh operator.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI dalam keadaan Hp Hidup atau Mati

Berikut cara menemukan hp yang hilang dengan bantuan menghubungi call center operator:

  • Pastikan Kalian sudah mengetahui nomor IMEI hp yang hilang. Atau bila kamu belum memiliki nomor IMEI hp yang hilang, kamu dapat mengikuti cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Hubungi call center operator ponsel kalian dan beritahu bahwa Anda kehilangan ponsel Anda dan ingin melacaknya menggunakan nomor IMEI.
  • Berikan nomor registrasi IMEI dan nomor hp yang terkait pada ponsel tersebut.
  • Setelah Anda memberikan informasi yang diperlukan, operator telepon akan mencoba mencari ponsel yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI tersebut. Jika ponsel tersebut masih terhubung ke jaringan operator, operator telepon dapat memberikan informasi tentang keberadaan lokasi ponsel tersebut.
  • Jika ponsel tidak dapat ditemukan di jaringan operator, Kalian perlu mengajukan laporan kehilangan ke polisi. Pastikan untuk menyertakan informasi seperti nomor IMEI ponsel dan informasi identitas lain yang dapat membantu polisi menemukan ponsel Anda.

Langkah-langkah yang kalian lakukan diatas berpotensi besar untuk dapat menemukan hp yang telah dicuri dengan syarat, jika ponsel hilang masih memiliki koneksi internet, GPS aktif, dan memiliki kartu SIM yang masih terpasang. Jika kartu SIM telah diganti oleh orang yang mencuri ponselmu atau hilang dalam keadaan mati, maka dengan cara-cara diatas tetap cukup sulit untuk bisa mengetahui lokasi titik akurat hp yang hilang.

Cara Melacak HP Hilang Menggunakan Aplikasi

Pada bagian ini akan menjelaskan bagaimana melacak keberadaan HP yang hilang menggunakan beberapa aplikasi, antara lain sebagai berikut:

1. Google Find My Device

Cara melacak hp yang hilang

Google Find My Device adalah sebuah layanan yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kamu melacak hp android yang hilang baik dalam keadaan hp masih hidup atau dalam kondisi mati. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk melacak ponsel yang hilang menggunakan aplikasi tersebut:

  • Pastikan kalian mengetahui akun Google yang terkait dengan ponsel yang hilang.
  • Download aplikasi Find My Device di Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi Find My Device dan masuk dengan menggunakan akun Google yang terkait dengan ponsel yang hilang.
  • Setelah masuk, kamu akan melihat peta yang menunjukkan lokasi terakhir kali ponsel terhubung ke internet. Jika ponsel masih terhubung ke internet, Kalian dapat menggunakan fitur “Temukan Ponsel” untuk mencoba mengunci ponsel atau mengeluarkan suara dari ponsel tersebut, agar Kalian dapat dengan mudah menemukannya.
  • Jika ponsel tidak terhubung ke internet, Kalian dapat menggunakan fitur “Temukan Ponsel” untuk melihat lokasi terakhir kali ponsel terhubung ke internet.

2. Where’s My Droid

Cara melacak hp yang hilang dengan Where’s My Droid

Untuk maksimal menggunakan fitur dari aplikasi ini, kalian sudah harus menginstal dan mendaftarkan identitas seperti nomor hp, email dll, sebelum kalian kehilangan hp tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kalian ikuti untuk melacak ponsel yang hilang menggunakan “Where’s My Droid” :

  • Download aplikasi “Where’s My Droid” di hp android (Play Store) atau iPhone (App Store).
  • Buka aplikasi “Where’s My Droid” dan masuk dengan menggunakan email dan password yang Anda gunakan saat mendaftar.
  • Setelah masuk, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terkait dengan ponsel yang hilang. Pastikan untuk menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang terdaftar di ponsel yang hilang.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengaktifkan fitur “Device Administrator” di ponsel yang hilang. Ini akan memungkinkan aplikasi “Where’s My Droid” untuk mengontrol dan mencari hp yang hilang dari jarak jauh.
  • Setelah fitur “Device Administrator” diaktifkan, Anda dapat menggunakan aplikasi “Where’s My Droid” untuk melakukan berbagai aksi seperti mengeluarkan suara dari ponsel, mengunci ponsel, atau mengirimkan pesan ke ponsel yang hilang.

3. Cerberus Anti-Theft

Cerberus adalah salah satu apliksi yang bisa digunakan oleh kamu ketika hp hilang, dicuri atau tertinggal. Perangkat yang hilang dapat dikunci serta dipulihkan kembali.

Anda bisa mengakses aplikasi ini dengan tiga cara yaitu situs resmi cerberus, melalui sms atau melalui alat SIM Checker. Anda dapat menerima pemberitahuan jika ponsel yang hilang digunakan menggunakan kartu lain.

Selain itu, kamu bisa melacak lokasi ponsel melalui situs web. Ada juga fitur yang menghidupkan alarm yang keras walau pun handphone berada dalam kondisi diam atau getar. Anda juga bisa menghapus seluruh data baik kartu memori atau data yang ada di ponsel.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengambilan foto, aplikasi ini akan mengambil foto dari kamera depan atau belakang ponsel yang hilang dan mengunci perangkat dengan kode khusus yang telah Anda atur sebelumnya.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membantu melacak HP yang hilang menggunakan aplikasi “Cerberus Anti-Theft”:

  • Download dan install aplikasi “Cerberus Anti-Theft”. Aplikasi ini bisa didownload melalui Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi “Cerberus Anti-Theft” dan masuk ke menu pengaturan. Pada menu pengaturan, aktifkan fitur “Remote Control” dengan mencentang kotak yang tersedia.
  • Masuk ke menu “Control Panel” pada aplikasi “Cerberus Anti-Theft” dan daftarkan nomor telepon yang akan digunakan untuk mengontrol HP yang hilang. Pastikan untuk menyimpan kode akses yang diberikan oleh aplikasi ini untuk digunakan nantinya.
  • Jika sudah terdaftar, Anda bisa melakukan remote control terhadap HP yang hilang melalui nomor telepon yang terdaftar. Kalian bisa mengirim perintah melalui SMS atau menggunakan aplikasi “Cerberus Anti-Theft” yang terinstall pada perangkat lain.

4. CrookCatcher

Jika hanphone kamu sudah terinstal crookcatcher, maka kamu bisa tenang dan memiliki kesempatan menemukan hp yang dicuri atau hilang.

Aplikasi CrookCatcher berjalan di balik layar kunci dan bisa mengambil gambar siapa pun yang mencoba membuka ponsel anda yang hilang dengan pin atau kata sandi yang salah. Ketika ada kesalahan dalam menginput pin, aplikasi ini akan segera mengirim email foto yang mencoba membuka HP beserta lokasi GPS perangkat.

Kami rangkum beberapa fitur aplikasi CrookCatcher untuk menemukan hp milikmu yang hilang atau dicuri:

  • Apabila ada yang mencoba membuka HP dan salah, maka perangkat dapat mengambil foto sekitar.
  • Aplikasi ini memiliki fitur “Remote Wipe” yang dapat digunakan untuk menghapus semua data yang tersimpan pada ponsel yang hilang.
  • Mengirim email berisikan foto, koordinat GPS, akurasi, perkiraan alamat jalan, peta, dan tautan ke Google Device Manager.
  • Tidak menguras baterai, karena aplikasi ini berjalan ketika pin atau kode yang dimasukan salah.
  • Kamu dapat menentukan berapa jumlah percobaan membuka kunci sebelum gambar diambil.
  • Aplikasi ini dapat digunakan gratis

5. Family Locator by Life 360

Family Locator by Life360 adalah sebuah aplikasi yang dapat di manfaatkan untuk melacak hp yang hilang. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal di ponsel Android yang akan dilacak.

Setelah aplikasi ini diinstal di ponsel yang akan dilacak, pengguna harus menambahkan ponsel yang hilang ke dalam grup keluarga yang dibuat di aplikasi ini. Setelah itu, pengguna dapat melacak lokasi ponsel yang hilang dengan mengakses aplikasi ini di ponsel lain atau di komputer.

Dengan menggunakan Family Locator by Life360, pengguna juga dapat melakukan berbagai macam aktivitas lain, seperti mengirimkan pesan kepada anggota keluarga yang lain, berbagi lokasi secara real-time, atau bahkan menggunakan fitur panic alert untuk meminta bantuan ketika dalam bahaya.

6. Prey: Find My Phone & Security

Aplikasi ini sebelumnya harus terinstal pada HP yang hilang. Prey dapat diinstal pada 3 perangkat Anda, jika ada satu perangkat yang hilang kamu bisa mencarinya.

Fitur yang ditawarkan dari Prey adalah menemukan lokasi dimana perangkat hilang. Fitur lainnya adalah Anda akan mendapatkan screenshoot yang diambil dari perangkat yang hilang.

Dengan menggunakan aplikasi ini juga Anda bisa membuat ponsel yang hilang mengeluarkan suara walau pun dalam keadaan senyap atau memberikan peringatan pada layar hp yang hilang.

Jika semua itu gagal, Prey memungkinkan memblokir perangkat tersebut. Ini adalah salah satu pilihan terakhir yang lebih baik tidak digunakan, tetapi Anda bisa tenang mengetahui ada opsi ini.

Cara Melacak HP Hilang dengan Email Google & Google Maps

Cara melacak hp hilang dengan google maps dan akun email

Cara Melacak HP Hilang dengan Email Google adalah dengan menggunakan layanan Google Find My Device. Layanan ini dapat digunakan oleh pengguna Android yang sudah login ke akun Google yang terhubung dengan ponsel yang hilang untuk melakukan berbagai macam aktivitas, seperti melacak lokasi ponsel yang hilang, mengunci ponsel yang hilang, atau bahkan menghapus data di ponsel yang hilang.

Sedangkan, untuk melacak HP yang hilang menggunakan Google Maps, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Pertama-tama pastikan bahwa fitur lokasi dan layanan seperti Google Location History telah diaktifkan di HP yang hilang tersebut.
  • Setelah itu, Anda bisa mengakses situs web Google Maps di komputer atau perangkat lain, lalu login dengan akun Google yang sama yang terhubung dengan HP yang hilang.
  • Kemudian, pilih opsi “Tampilkan lokasi sekarang” untuk melihat lokasi terakhir yang tercatat dari HP yang hilang.

Cara Melacak HP Hilang Lewat WhatsApp

Berikut langkah-langkah melacak hp yang hilang menggunakan nomor whatsapp:

  • Gunankan HP lain untuk mengirimkan chat Whatsapp ke nomor WA yang hilang
  • Klik lampiran
  • Pilih Bagikan Lokasi Terkini
  • Lalu pilih waktu berbagi terlama yaitu 8 jam, klik selanjutnya
  • Pada HP yang hilang akan muncul notifikasi lokasi yang dibagikan
  • Langkah selanjutnya adalah klik lokasi yang dibagikan dan pilih “melihat lokasi terkini” pada kotak pilihan
  • Loksi yang dikirimkan akan muncul pada handphone yang hilang dan secara otomatis akan mengetahui lokasi Anda.
  • Terakhir klik “Dapatkan arah” dan masuk Google Maps untuk mengarahkan Anda ke lokasi HP yang hilang.

Akhir Kata

Secara keseluruhan, cara melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan IMEI dan beberapa aplikasi android serta iPhone merupakan cara yang efektif untuk mencoba menemukan kembali ponsel yang hilang. Penting untuk Kalian menginstal salah satu dari aplikasi yang kita ulas diatas sebelum benar-benar terjadi kehilangan handphone. Demikian artikel uang bisa disampaikan, jangan lupa untuk selalu membaca artikel-artikel terbaru Signalnews.Id.