Penyalahgunaan Narkotika, Perkara Terbanyak Selama 2021 di PN Indramayu

Signal, Indramayu – Perkara penyalahgunaan Narkoba & Psikotropika (Narkotika) paling banyak ditangani oleh Pengadilan Negeri Indramayu Kelas IB selama tahun 2021 ini, disusul dengan tindak pidana pencurian. Hal tersebut diungkapkan oleh Ka Humas PN Indramayu, Fatchu Rochman saat ditemui di kantornya pada Jum’at (07/01/2022).

“Maraknya penyalahgunaan Narkotika & tindak pidana pencurian ini didasari karena faktor pendidikan serta lingkungan,” kata Fatchu.

Ia juga mengatakan bahwa penanganan perkara pidana di PN Indramayu selama tahun 2021 ini mengalami peningkatan namun jumlahnya tidak signifikan yaitu 344 perkara, sedangkan pada 2020 hanya 320 perkara.

“Dan untuk perdata 75 perkara, gugatan biasa 29 perkara dan permohonan sebanyak 108 perkara,” imbuhnya.

Selain itu, Fatchu juga menjelaskan bahwa di 2021, ada 10 kasus anak di bawah umur, baik sebagai pelaku maupun korban. Adapun kejahatan yang dilakukan adalah pencurian & pengeroyokan, rata-rata pelakunya berusia 15 sampai 18 tahun.

“Dalam kasus anak, kami berusaha melindungi karena ada aturan serta undang-undang anak yang berlaku. Walaupun anak tersebut berbuat salah, namun hukuman bagi mereka adalah dikembalikan kepada orang tuanya dan dititipkan ke dinas sosial atau dinas ketenagakerjaan dengan harapan agar anak tersebut punya keahlian & tidak kembali melakukan pelanggaran hukum di kemudian hari,” ucapnya.

Fatchu berharap, kedepan Pemda Indramayu dapat bersinergi dengan PN khususnya dalam penanganan perkara anak dibawah umur, agar mereka berubah & punya keahlian. (Aan)

Comments
Loading...