Relawan Inspirasi Desa Berdaya Bojongsari Tanam 250 Pohon

Signal, Indramayu – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional, sejumlah relawan Desa Berdaya Bojongsari dari Rumah Zakat melakukan penanaman pohon di pinggir tanggul sungai Cimanuk, Minggu (28/11/2021).

Ada sebanyak 250 pohon yang ditanam dengam berbagai jenis tanaman diantaranya mahoni, kawista, durian, loa, melati bali, salam, glodok, tayuman, cermei, kayu manis, kari, sukun, asam manis besar & galuang.

M. Toha, Relawan Inspirasi Desa Berdaya Bojongsari mengatakan, selain dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional, kegiatan tersebut juga mempunyai beberapa tujuan lain.

“Ada beberapa latar belakang diadakan program Tanam pohon diantaranya untuk mitigasi bencana banjir, longsor, abrasi dan tsunami, pemulihan area Kebakaran Hutan & Lahan (Karhutla), revenue (pendapatan_red) ekonomi serta pengurangan emisi karbon dan polusi udara,” katanya.

Ia berharap pohon-pohon yang ditanam ini nantinya bisa menghasilkan pendapatan ekonomi tidak hanya dari menjual pohon, namun juga bibitnya dan menjadi tempat wisata.

Sementara itu, Rizal Nasution, Kepala Bidang Pengelola Sumber Daya Air (Kabid PSDA) Dinas Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Indramayu mengapresiasi kegiatan tersebut. Rizal juga memberikan pengarahan aturan penanaman pohon di tanggul.

“Minimal beri jarak 10 meter dari tanggul, karena dikhawatirkan jika jarak pohon yang ditanam terlalu dekat, maka kedepan jika ada pengerjaan tanggul, pohonnya bisa rusak,” terangnya. (Red)

Comments
Loading...