Yuk, Jalan-jalan Ke Tugu Vespa di Bukit Langkisau Painan

Signal, Padang – Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sudah lama dikenal memiliki banyak destinasi wisata alam mulai dari laut, pulau sampai dengan ke dataran tinggi.

Kali ini Signal mendatangi salah satu tempat wisata yang sedang digandrungi anak muda di Sumatera Barat, yaitu Tugu Vespa yang berada di bukit Langkisau, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu 13 November 2021.

Saat berada di lokasi, para wisatawan disuguhi beberapa pemandangan mulai dari perbukitan, pantai Carocok, pulau, kapal-kapal nelayan yang menangkap ikan, dan wisatawan yang melakukan terjun payung.

Pemandangan dari tugu vespa

Menurut penuturan warga sekitar Zaki, Tugu Vespa ini sudah berdiri kurang lebih satu tahun yang lalu (2020) dan sering dikunjungi oleh para Scooteris dan wisatawan yang berasal dari dalam maupun luar daerah.

“Biasanya Tugu Vespa yang berada di Puncak Bukit Langkisau ramai dikunjungi pada hari-hari libur,” kata Zaki kepada Signal.

“Bukan hanya wisatawan dari Sumatera Barat saja, wisatawan dari provinsi lain juga berkunjung ke sini seperti dari Pekanbaru (Riau),” tambahnya.

Masih di tempat yang sama, Menurut penuturan Ifdil wisatawan sekaligus Scooteris asal Kabupaten Padang Pariaman mengatakan, pemandangan yang berada di Tugu Vespa sangat indah.

“Pemandangan di sini sangat indah yah, kita bisa melihat laut, perbukitan, dan pulau dari ketinggian,” ucapnya.

Ia berpesan, keindahan yang berada di Tugu Vespa harus tetap dijaga oleh masyarakat, pengelola, dan wisatawan yang datang agar tetap terjaga keasriannya.

“Jangan sampai kedepannya ketika Tugu Vespa banyak dikunjungi wisatawan tapi menyisakan sampah ataupun merusak tumbuhan maupun tanaman yang berada di sekitarnya,” pungkas Ifdil.

Menurut penuturan warga sekitar, Tugu Vespa saat ini di kelola oleh swadaya masyarakat. Siapapun bisa berkunjung ke Tugu Vespa dapat menikmati pemandangan alamnya tanpa dipungut biaya.

Apabila telah sampai di Tugu Vespa, sangat direkomendasikan kepada pengunjung yang datang untuk naik ke puncak bukit Langkisau yang lokasinya berada tidak jauh dari Tugu Vespa.

Untuk wisatawan yang ingin datang ke lokasi sebaiknya perlu memperhatikan keadaan kendaraan karena jalan menuju Tugu Vespa dan Puncak Bukit Langkisau cukup mendaki.
(TH)

Comments
Loading...