Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat, Kodim 0616/Indramayu Buka Program BSMSS

Signal, Indramayu – Sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program yang seimbang terpadu dan berkesinambungan adalah melalui pembangunan daerah.

Salah satu Implementasinya adalah kegiatan program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa ( BSMSS ) yang diselenggarakan oleh Kodim 0616/Indramayu.

BSMSS sendiri merupakan bentuk Sinegritas antara Pemerintah daerah, TNI dan masyarakat yang didalam kegiatannya mengedepankan semangat Gotong-royong.

BSMSS di Tahun 2021 yang bertempat di Desa. Temiyangsari Kec. Kroya ini akan dilaksanakan selama 14 Hari & telah resmi dibuka oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina. Kamis, 28/10/2021.

Dalam kesempatan itu Nina Agustina menyampaikan terima kasih kepada TNI, khususnya jajaran Kodim 0616/Indramayu yang mempunyai andil besar dalam menyukseskan kegiatan ini.

Menurutnya, dalam rencana kegiatan BSMSS  terdapat fisik yakni pengerasan jalan desa, pembangunan jembatan dan drainase, selanjutnya direncanakan penerangan jalan umum, pembangunan rutilahu demi terpenuhi standar hunian yang layak dan sehat.

Dia menyebut, selain sasaran kegiatan fisik adapula kegiatan non fisik berupa penyuluhan dan pelayanan, sosialisasi dan pemberdayaan yang akan dilaksanakan oleh Pemda diantaranya Administrasi Kependudukan, Pembuatan Kependudukan, Pembuatan kartu pencari kerja dan pemberian bantuan benih ikan.

“Saya berpesan kepada seluruh pihak yang terlibat baik dari perangkat daerah, TNI, Kecamatan, Desa hingga masyarakat agar bahu membahu menyukseskan program ini,” ujarnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Dandim 0616/Indramayu, Letkol Inf Teguh Wibowo S.Sos mengatakan, tujuan program BSMSS adalah untuk pengembangan kesejahteraan masyarakat Desa Temiyang yang sesuai anggaran diturunkan.

Dalam hal ini kata Dandim, pihaknya juga menggelar 5 titik Vaksinasi di wilayah Kec. Kroya guna mempercepat program vaksin di Kab. Indramayu.

“Dalam program BSMSS Kodim 0616/Indramayu meliputi kegiatan fisik dan non fisik,” Katanya.

Dalam program BSMSS yang diselenggarakan oleh Kodim 0616/Indramayu tersebut terdapat dua poin yakni sasaran fisik dan non fisik.

Dalam sasaran fisik sendiri meliputi, Rehabilitasi jalan Cor/Betonisasi Blok Bangong, Rehabilitasi jembatan Blok Buyut Sidum, Pembangunan Pos kamling Blok Gebur Rt. 003 Rw. 001, hotmix Jalan di Blok Sanas Gebur, Pembuatan penerangan jalan umum/PJU sepanjang jalan Desa Temiyangsari di7 titik, Pembangunan TPT saluran irigasi di blok Pulorejo dengan P : 500 M, Rutilahu sebanyak 10 Unit.

Sedangkan untuk Sasaran Non Fisik tersebut yakni, Sarana Olahraga (Dispora Indramayu), Dukungan bibit ikan sebanyak lk. 6.000 ekor (Diskanla Indramayu), Pelatihan Las (Disnaker Indramayu), Sosialisasi Internet (Diskominfo Indramayu), UKM dan perdagangan pelatihan bengkel motor sebanyak lk. 20 orang (Dinas Koperasi Indramayu), Kegiatan kampung KB dan pelayanan Implan (Dinas Pengendalian Kependudukan/KB Indramayu), Rekam E KTP dan Pelayanan Akte Kelahiran (Disdukcapil Indramayu) dan Budidaya bibit tanaman sebanyak 30 jenis (Dinas ketahanan pangan Indramayu).

Kegiatan BSMSS Tahun 2021 Kodim 0616/Indramayu adalah suatu bentuk sinegritas antara TNI, Pemerintah Daerah dan rakyat yang didalam kegiatannya bersifat gotong royong. (Red)

Comments
Loading...