Kepala Desa Dadap Apresiasi Kelompok KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Signal, Indramayu – Kepala Desa Dadap memberikan sambutan pada pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Kalijaga Angkatan 105 kelompok 69 desa Dadap, Juntinyuat, Indramayu. Pada tanggal 30 Agustus 2021.

Asyriqin selaku kepala desa memberi apresiasi positif kepada mahasiswa kelompok 69 KKN UIN Sunan Kalijaga. Karena mereka telah memberikan motivasi dan penyuluhan kepada masyarakat desa Dadap.

“Secara positif kita terbantu dengan adanya KKN di desa Dadap. Pertama adalah bagaimana rekan-rekan KKN ini bisa memberikan motivasi atau penyuluhan kepada masyarakat kami,” tutur Asyriqin.

Dia juga berharap agar tali silaturrahim tidak putus dan dapat segera menyelesaikan tugas akhir pendidikan.

“Kami berharap pada teman-teman, tali silaturrahmi jangan sampe putus, itu yang pertama, yang kedua adalah memberi support untuk menyegerakan tahapan akhir pendidikan, Supaya ada kemanfaatan lebih untuk keluarga, masyarakat dan untuk bangsa masa depan,” ujarnya.

Tema yang diangkat pada KKN ini yaitu Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sosial dan Lingkungan Daerah Pesisir. Nurul Alfiyah, ketua kelompok KKN mengungkapkan bahwa tema ini diangkat atas saran dari pemerintah desa, karena problematika saat ini di desa Dadap adalah mengenai sosial kemasyarakatan.

“Sebelum KKN di sini kita sudah survei dulu ke tempat ini ya, di desa Dadap, terus kita tanya-tanya sama pihak desa, kiranya permasalahan apa sih yang bisa diangkat di KKN nanti, terus kebetulan disaranin apa ya? Yang pertama tuh, masalah sosial berbasis kemasyarakatan,” ungkap Nurul.

KKN di situasi pandemi seperti sekarang ini mereka aktif dalam berbagai kegiatan seperti TPA dan bimbingan belajar.

“Program unggulan kita itu kan ada TPA, ada bimbingan belajar, nah itu tuh yang biasa rutin kita kerjakan empat sampai lima hari dalam satu minggu,” ujarnya.

Kegiatan ini dilakukan di dua tempat. Pertama di TPA Nurul Yaqin dan kedua di musholla Alaydrus. Sedangakan untuk bimbingan belajar bertempat di musholla Alaydrus dengan mengambil anak-anak lingkungan posko KKN.

Nurul Alfiyah bersama kawan-kawan KKN juga giat melakukan sosialisasi dan motivasi kepada masyarakat, terutama di bidang pendidikan. Dalam rangka menangani anak yang kecanduan game. (Muhammad Taufik)

Comments
Loading...