Berbagai Komunitas dan Organisasi di Kota Cirebon Peringati Hari Mangrove

Signal, Cirebon – Berbagai komunitas dan organisasi di Kota Cirebon peringati hari mangrove sedunia di pantai Losari , Senin (26/7/2021).

Berbagai jaringan komunitas maupun organisasi peduli lingkungan dan pendidikan literasi dengan jumlah peserta sekitar 90 orang, turut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan mengusung tema Selamatkan Hutan Mangrove di Losari.

“Kegiatan tersebut sebagai bentuk upaya kampanye menyelamatkan hutan mangrove yang ada di Indonesia, khususnya wilayah pesisir pantai Losari yang batas wilayahnya melintasi Kota Cirebon – Brebes,” Kata Noval salah satu peserta yang hadir.

Selain itu, acara tersebut juga diisi dengan diskusi seputar lingkungan pesisir pantai, pentingnya menjaga hutan mangrove dan diakhir acara para peserta yang hadir melakukan bersih-bersih pantai dengan memungut sampah yang berserakan serta setelah itu, melakukan penanaman bibut pohon mangrove jenis api-api sebanyak 1.588 bibit.

Salah satu peserta yang hadir dari komunitas Oi Anak Wayang Losari, Dayat, dirinya mengatakan bahwasanya perlu diadakan seminar maupun edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan pantai dan hutan mangrove.

“Semoga masyarakat, khususnya kepada peserta hadir mau belajar lebih jauh tentang pentingnya hutan mangrove dan aksi-aksi kampanye atau penanaman terus berlanjut di berbagai daerah pesisir,” terangnya.

Dayat berharap, kegiatan tersebut dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif kepada masyarakat di wilayah pesisir sehingga pantai dan hutan mangrove terjaga dengan baik.

Hal yang sama diungkapkan juga oleh Gina, salah satu peserta yang berasal dari anggota NU Backpaker Cirebon.

“Acara-acara seperti ini harus sering-sering dikampanyekan, karena selain mengajak masyarkat sekitar untuk bersama memahami pentingnya hutan mangrove, juga bisa menguatkan masyarakat pesisir dalam mempertahankan pesisir pantainya,” pungkas Gina.

Adapun komunitas dan organisasi yang hadir, yaitu Oi Anak wayang Losari, Saung Literasi Losari, Salam institute, Oi Ujung Aspal Babakan, NU Bakcpaker Cirebon, Ikamatsaba, Forum TBM Kuningan, Bacapacker Cirtim, Family Adventure Indonesia, Oi Anak wayang Losari, Saung Literasi Losari, Salam institute, Oi Ujung Aspal Babakan, Ikamatsaba, Forum TBM Kuningan, Bacapacker Cirtim, Family Adventure, Rakyat Merdesa dan Individu
(Red)

Comments
Loading...