PPKM, Masjid Ini tetap Laksanakan Salat Jumat

Signal, Indramayu – Masyarakat desa Eretan Wetan tetap melaksanakan ibadah salat Jumat di masjid Al-Ikhlas selama masa PPKM darurat, dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran covid-19.

“Pelaksanaan salat jumat hukumnya fardu. Tetap dilaksanakan dengan menerapkan prokes. Ternyata masyarakat menerapkan dengan pakai masker, sebelum masuk (masjid) dites suhu, semprot handsanitizer, yang tidak bawa masker diberi masker, dan jaga jarak satu meter.” ucap Saad Abdul Rahman, selaku DKM Al-Ikhlas, ketika ditemui pada Jumat (23/07).

“Berbagai macam. Ada yang menerima ada yang tidak. Kalau masyarakat Eretan mayoritas merespons baik. Sekarang masyarakat mengertilah tentang keadaan saat ini,” katanya.

Saad juga mengungkapkan bahwa Mayoritas masyarakat Eretan Wetan merespons baik keputusan tersebut, penerapan protokol kesehatan hanya dilakukan selama masa PPKM, Selanjutnya ia berharap pelaksanaan ibadah dapat berjalan normal kembali.

“Kalau terus-menerus masyararakat tuh banyak mengeluh Karena fasilitasnya terbatas,” ungkapnya.

Sebelumnya, dewan kemakmuran masjid (DKM) Al-Ikhlas Eretan Wetan mengumumkan salat Idul Adha tidak dilaksanakan di masjid. Hal tersebut berdasarkan imbuan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan ormas-ormas islam.

Menurut Saad, hal tersebut dilakukan karena hukum pelaksanaan salat Idul Adha adalah sunah. Di samping itu, pelaksanaan kurban sendiri berjalan tanpa kendala.

“Kurban tetap dilaksanakan sesuai kebiasaan tiap tahunnya, yaitu subsidi silang. Masing-masing mushala melaporkan hasil kurban,” ungkapnya.

“Bapak sendiri sami’na wa atho’na kepada pihak pemerintah. Karena Al-Ikhlas dari dulu termasuk masjid jami, dari dulu merujuknya kepada pemerintah termasuk penetapan idul fitri,” pungkas Saad. (Red)

Comments
Loading...