Mahasiswa MTP UIA Adakan Webinar Asesmen Berbasis Digital

Signal, Jakarta – Mahasiswa semester 2 (dua) Magister Teknologi Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’iah (MTP UIA) menggelar Webinar Asesmen Pembelajaran berbasis digital, pada Sabtu (10/7/2021).

Webinar dengan mengusung tema “Asesmen pembelajaran dengan aplikasi digital dalam pembelajaran online” di ikuti oleh 115 peserta dan di buka lansung oleh Kaprodi MTP Dr. M.Fahri Yasin.

Yang menjadi keynote speaker dalam kegiatan webinar ini adalah Dr. Drs. Samsuddin, SH.,M.Pd beliau merupakan Dosen di Prodi Magister Teknologi Pendidikan dan staff ahli Kemenpora RI.

Sementara untuk narasumbernya adalah Dr. Khasanah, M.Pd, di dampingi dua narasumber lainnya dari mahasiswa di antaranya Pak Ahmad Ridho, S.Pdi dan Ibu Agita Violy, S.S.

Webinar yang diselenggarakan saat merebaknya wabah virus corona (Covid-19) Indonesia menuntut semua pihak untuk beradaptasi dengan tuntutan digitalisasi pendidikan di era Industri 4.0.

Terutama para tenaga pendidik yang harus menyesuaikan segala proses pembelajaran dengan perkembangan era four point zero ini, dimana peranan digitalisasi sangat dominan dalam segala aspek.

Disela-sela memberikan keynot speaker, Dr. Samsuddin mengatakan, webinar asesmen pembelajaran dengan aplikasi digital dalam pembelajaran online yang digelar Universitas Islam As-Syafi’iyah dinilai sangat bagus.

Menurutnya, assesmen digital menuntut kemampuan tenaga pendidik agar mampu menyesuaikan segala proses pembelajaran dengan perkembangan zaman industri 4.0.

Beliau juga menegaskan, pandemi yang menghantam Indonesia juga memaksa semua orang harus memyesuaikan, khususnya para pendidik agar lebih mengedepankan pengetahuan dalam dunia digitalisasi.

“Terlebih lagi sekarang ini era pandemik maka mutlak adanya meningkatkan kemampuan diri dalam pengetahuan digitalisasi dan harus dimiliki dengan sebaik-baiknya oleh para pendidik,” tegasnya.

Sementara itu, Dr. Khasanah, mengungkapkan bahwa, webinar ini mengajak semua orang khususnya para pendidik untuk beradaptasi dengan tuntutan era Industri 4.0 ini.

Selain itu, para pendidik juga mampu menggunakan asesmen berbasis digital dengan kondisi anak didik yang dilahirkan di zaman generasi Z . Dengan ini maka anak-anak tidak bosan mengikuti asesmen yang dilaksanakan oleh guru.

“Bukan anak didik yang tidak mampu menjawab soal tes, tapi terkadang suasana tes atau lingkungan asesmen yang tidak menarik yang buat anak malas. Di era digital ini guru harus mulai melakukan asesment berbasis digital sebagai solusi pembelajaran online yang menjenuhkan,” jelasnya.

Sementara untuk kedua pemateri lainnya yaitu Ridho yang memberikan materi soal asesmen berbasis telegram dan Agit memberikan materi mengenai asesmen berbasis quizziz (singkronisasi ke google clasroom).

Akhir kata, panitia penyelenggara webinar ini berharap, apa yang sudah disampaikan oleh para narasumber dapat membuka pikiran para pendidik yang ikut sebagai peserta sehingga bisa menyesuaikan diri dengan keadaan era digital yang semuanya serba IT, dan memiliki bekal kreativitas maupun inovasi yang tinggi agar tidak tergilas oleh zaman.
(TH)

Comments
Loading...