Birmingham Peduli, Buka Pasar Gratis Untuk Masyarakat

Signal, Indramayu – Sekumpulan pemuda yang tergabung dalam komunitas Birmingham, membuka pasar gratis kepada masyarakat Indramayu, khususnya yang berada di Kecamatan Cikedung, Selasa (30/6/2021).

Komunitas Birmingham menjajakan berbagai barang gratis kepada masyarakat yang membutuhkan, mulai dari pakaian, makanan siap saji dan sayur mayur segar untuk dimasak.

Kemudian, kegiatan sosial tersebut sudah rutin dilakukan selama hampir satu tahun oleh komunitas Birmingham kepada masyarakat yang berada di Kecamatan Cikedung.

“Kegiatan ini sudah rutin kami lakukan hampir satu tahunan,” tutur Wahyu selaku anggota Komunitas Birmingham saat ditemui Signal.

Hal tersebut dilakukan Birmingham dalam rangka mewujudkan rasa kepedulian para anggotanya kepada masyarakat yang membutuhkan disaat situasi serba sulit saat ini.

“Ingin terciptanya kesadaran sosial dimata masyarakat bahwa setiap manusia itu sama, sebab sebelum adanya pasar gratis anak-anak suporter bola, yang main di Birmingham selalu dianggap sebelah mata,” ungkapnya.

Kemudian, pemberian secara cuma-cuma yang dilakukan Birmingham didukung oleh berbagai kalangan unsur masyarakat dan tokoh pemuda di Kecamatan Cikedung.

“Kita mendapatkan berbagai dukungan dari masyarakat sekitar, pemuda Cikedung dan para donatur dari luar kota,” katanya.

Dari dukungan yang didapatkan, Birmingham dapat menyalurkan berbagai donasi kepada masyarakat hingga saat ini. Namun, untuk saat ini Komunitas tersebut belum membuka donasi untuk kegiatan pasar gratis yang dilakukannya.

“Takut anak-anak Birmingham ketergantungan dengan pemberian orang lain, kemudian biar ini menjadi kesadaran bagi masing-masing individu,” jelas Wahyu.

“Dalam kegiatan pasar gratis, kita menjaga untuk tidak meminta-minta donasi kepada masyarakat, akan tetapi jika ada masyarakat yang datang dan ingin berdonasi apapun kita menerimanya dengan senang hati,” Imbuhnya.

Barang-barang yang dijajakan Birmingham di pasar gratis diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang membutuhkan. Masyarakat tidak perlu ragu untuk mendapatkannya cukup datang dan membawa barang yang dibutuhkan.

Perlu diketahui, pasar gratis yang digelar Komunitas Birmingham dilakukan satu kali setiap akhir bulan, adapun untuk tempatnya berlokasi di Pasar Malam Mingguan Desa Mundak Jaya Kecamatan Cikedung.
(TH)

Comments
Loading...