LBH Dharma Ayu Teken MoU dengan Pengadilan Negeri Indramayu

Signal, Indramayu – Di era digital saat ini yang tanpa batas (borderless), Mahkamah Agung (MA) beserta seluruh jajaran peradilan dibawahnya berinovasi untuk prosedur penanganan perkara yakni melalui sistem e-court dan juga e-litigasi sebagai salah satu bentuk pengejawantahan atas asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan.
Sesuai dengan peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi perkara dan persidangan pengadilan secara elektronik.

Maka dari itu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Dharma Ayu bersama Pengadilan Negeri (PN) Indramayu melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerjasama dalam pemberian layanan permohonan secara elektronik (teleconference).

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh LBH Dharma Ayu, yang diwakili oleh Robun Syah S.H., dan Ruslandi S.H, dengan Indrawan S.H.,M.H., selaku ketua Pengadilan Negeri Indramayu bertempat di kantor Sementara PN Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Jum’at (11/6/2021)

Agenda penandatanganan MoU juga dihadiri oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), serta perusahaan- perusahaan tenaga kerja.

Robun Syah mengatakan, kerjasama tersebut dilakukan dengan maksud dan tujuan demi memudahkan masyarakat dalam proses persidangan perkara permohonan seperti permohonan perubahan identitas dan lain sebagainya.

“LBH Dharma Ayu memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat dibidang Hukum, sehingga kedepan kami memiliki agenda untuk memberikan konsultasi, penyuluhan, serta pendampingan hukum kepada masyarakat, terutama yang kurang mampu,” katanya.

Ditempat yang sama, Ruslandi S.H mengungkapkan bahwa MoU ini merupakan sesuatu yang luar biasa.

“Saya merasa terhormat bisa menjadi bagian hal kecil di dunia peradilan. Untuk itu saya bersama kawan-kawan advokat, mendukung
kebutuhan masyarakat dalam rangka mengakses permohonan ke PN,” tuturnya.

“Semoga semangat dan spirit, antara kami (advokat) bisa bersinergi bersama PN Indramayu,” lanjut Ruslandi.

Sementara itu Ketua Pengadilan Negeri Indramayu, Indrawan, S.H., M.H, berharap agar MoU ini tidak hanya diatas kertas, namun juga harus dibarengi dengan aksi nyata.

“Saya memohon, jangan hanya di atas kertas, tapi kita mulai aksi dengan melayani masyarakat,” ujar Indrawan.

Ia juga menjelaskan tentang pelayanan One Day Service Finish dengan, yang telah dimusyawarahkan bersama Humas PN, Fatchurahman & Panitera.

“Intinya, tidak ada yang tidak mungkin, apabila ada birokrasi yang seperti obat nyamuk kita pangkas,” tegasnya.

Ia juga memohon agar LBH maupun PN untuk melayani dengan ikhlas sesuai fungsi masing-masing, agar peradilan itu bebar, cepat dan tepat.

Comments
Loading...