Cawu Nomor 1 Desa Tegalurung Gelar Diskusi, ” Warga Bertanya Kang Aab Menjawab”

Signal, Indramayu – Menyesuaikan metode kampanye yang cocok di masa Pandemi sekaligus sambil menyerap aspirasi warga, Calon Kuwu (Cawu) Nomor Urut-1, Abdullah, atau yang akrab dipanggil Kang Aab gelar diskusi bertema “Warga Bertanya Kang Aab Menjawab”, Senin (24/05/2021)

Mengawali acara, peserta diskusi melontarkan beberapa pertanyaan seputar masalah pemerintahan desa kepada Kang Aab termasuk program kerja yang akan dilakukan jika dirinya terpilih sebagai Kepala Desa Tegalurung dalam memajukan desa dengan potensi yang ada.

Disinggung soal upayanya terhadap perencanaan desa, Kang Aab menegaskan, dirinya akan mematuhi Pedoman Perancanaan Pembangunan Desa yang merupakan tahapan awal dan sangat penting dengan kewajiban melibatkan BPD, unsur – unsur pemerintahan desa, tokoh masyarakat, juga pemuda.

“Kita harus komitment dengan Pola Pembangunan secara aspiratif. Oleh karenanya Musrenbang harus terbuka dan hasilnya harus transparan supaya warga bisa mengawal implementasinya nanti sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi”, terangnya.

Menyikapi keluhan terhadap pelayanan administrasi penduduk, Kang Aab akan menjadikan layanan dasar tersebut secara cepat dan gratis demi perbaikan data secara menyeluruh dan integratif dengan ditunjang data yang valid dan benar, sehingga secara otomatis pelayanan-pelayanan lainnyapun mudah terpenuhi, termasuk menyambut program – program yang sudah ada secara berkeadilan.

Kang Aab menjawab pertanyaan peserta diskusi

Selanjutnya, Jika terpilih nanti Kang Aab berkomitmen akan menjalankan program Bansos, Sertifikat Gratis, BPJS dengan lebih baik lagi, yang tentunya memerlukan data administrasi warga yang akurat dan valid.

Di pertengahan sesi, Kang Aab mengungkapkan bahwa pembangunan Desa Tegalurung kedepannya harus tetap berjati diri dengan memperhatikan norma dan warisan budaya yang ada, kemudian akan diprogramkan pelestarian situs-situs Ki Buyutan, seperti Ki Buyut Gablog dan Ki Buyut Kedokan Sampit yang perlu adanya sebuah pembangunan di lokasi tersebut sehingga dapat membuat nyaman masyarakat saat berkunjung dengan mempertahankan nilai – nilai dan pesan leluhur yang sudah ada.

“Dan gapura – gapura juga harus diperhatikan. Lalu, persoalan sampah juga nanti harus diusahakan tiap hari diangkut”, tambahnya.

Menjawab permasalahan pemberdayaan, Kang Aab berjanji mempersiapkan potensi Sumber Daya Manusia yang dapat bersaing dalam dunia kerja, terlebih sebentar lagi akan terealisasikan proyek Petrochemical Pertamina. Untuk itu, ia akan memaksimalkan kerja sama dengan BLK – BLK milik Pemerintah Daerah dan Swasta.

“Pemerintah Desa wajib hadir mengakomodir dan membantu warganya dalam menghadapi tuntutan dan tantangan dunia kerja,” pungkasnya.

Diskusi yang diikuti 50 orang dari empat titik lokasi yang berbeda ini dilakukan secara Zoom Meeting. Pada empat titik itu peserta diskusi mengemukakan tidak kurang dari 17 pertanyaan dan Kang Aab menjawab seluruhnya secara humanis hingga acara diskusi itu ditutup pukul 23.00 WIB.

Namun demikian, Kang Aab berharap agar nantinya semua unsur dan elemen pemerintahan bisa bersinergi secara solid membangun Desa Tegalurung untuk mencapai sasaran dan target dari program-program yang sudah direncanakan.
(TH)

Comments
Loading...